Gema Nurani Integrated and Holistic Islamic School

Press Release Gempa Bumi dari BMKG

Bekasi, Gema Nurani — Selasa 23 Januari 2018, telah terjadi gempa bumi yang berpusat di wilayah Banten. Siswa, siswi dan guru guru di SIT Gema Nurani merasakan dampak getarannya. Tidak hanya di gedung Yaasiin, tetapi juga gedung Alhamra. Evakuasi siswa ke lapangan dilakukan cepat oleh semua guru, KBM di kelas terpaksa ditunda beberapa saat. Alhamdulillah, semua aman. Mari kita terus berdoa agar Allah menjauhkan musibah maupun bencana alam. Sama sama kita beristighfar dan introspeksi diri.

Mengenai gempa bumi tersebut, dilansir dari situs resmi BMKG (Badan Meteorologi dan Geofisika) mengeluarkan pernyataan resmi sebagai berikut.

Menanggapi peristiwa gempabumi tektonik yang terjadi di Provinsi BANTEN, maka kami menyampaikan pernyataan sebagai berikut:

Hari Selasa, 23 Januari 2018, 13:34:50 WIB dengan kekuatan M 6.4 Kedalaman : 10 km. Namun demikian telah dilakukan pemutakhiran Parameter gempabumi menjadi Selasa, 23 Januari 2018, 13:34:53 WIB dengan Kekuatan : M 6.1 Kedalaman : 61 km.

Gempabumi berpusat di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa. Karena gempabumi ini relatif kecil sehingga tidak cukup kuat untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Dari hasil monitoring BMKG sampai jam 15:49:18 WIB, telah terjadi 20 gempabumi susulan yang tercatat. Dengan rentang kekuatan gempabumi susulan adalah M 2.5 – M 4.9.

BMKG terus memonitor perkembangan gempabumi susulan dan hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media.

http://www.bmkg.go.id/press-release/?p=press-release-gempabumi-provinsi-banten-m-6-1-selasa-23-januari-2018-133453-wib&tag=press-release&lang=ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *