Gema Nurani Integrated and Holistic Islamic School

Prefect Student Gema Nurani

Setiap manusia adalah seorang pemimpin, baik untuk skala kecil (pribadi) maupun untuk skala besar dan luas, baik untuk level nasional maupun internasional. Tentunya sebagai seorang pemimpin mereka harus mampu bertanggung jawab atas kepemimpinannya tersebut. Hal tersebut sesuai dengan ungkapan sebuah hadits Shaheh Rasullullah Salallaahu ‘Alaihi Wassallam:

 

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَلَا كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالْأَمِيرُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ عَلَيْهِمْ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

Ibn umar r.a berkata : saya telah mendengar rasulullah saw bersabda : setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya. Seorang kepala negara akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya. Seorang suami akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang isteri yang memelihara rumah tangga suaminya akan ditanya perihal tanggungjawab dan tugasnya. Bahkan seorang pembantu/pekerja rumah tangga yang bertugas memelihara barang milik majikannya juga akan ditanya dari hal yang dipimpinnya. Dan kamu sekalian pemimpin dan akan ditanya (diminta pertanggungan jawab) darihal hal yang dipimpinnya. (Buchary, Muslim)

Seorang pemimpin tidak hanya lahir secara alamiah, berdasarkan gen dan bakat. Akan tetapi, seorang pemimpin bisa ditumbuhkan melalui pelatihan, pembinaan dan melibatkan kegiatan keorganisasian dan kegiatan kemasyarakatan. Sebagai sebuah lembaga pendidikan dan kader, pengurus PITH Gema Nurani, merumuskan dan mengembangkan sebuah organisasi intra siswa Gema Nurani yang disebut dengan Prefect Student. Organisasi Prefect Student merupakan sebuah organisasi tempat berhimpunnya para siswa sekaligus sebagai  wahana untuk menumbuhkankan dan untuk menempa kader-kader calon pemimpin bangsa, dan umat islam khususnya yang dibekali  dengan  tanggung jawab yang tinggi untuk mengembangkan potensi yang  mereka miliki, sehingga menjadi kempetensi  yang amat bermanfaat bagi diri mereka, keluarga, agama bangsa dan negara.

Maka dengan ridho Allah SWT. serta didorong oleh keinginan luhur untuk mewujudkan generasi yang  aktif, kritis, dan inovatif  yang dapat memberi pengaruh terhadap pembangunan umat dan sebagai agen transformasi peradaban Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan berasaskan al Islam. Maka didirikanlah Organisasi Prefect Student Gema Nurani.

Prefect Student, menurut Ustadzah Tri Larasati, S.Si selaku guru yang cukup lama berkecimpung di dunia Prefect Student, menitikberatkan pada dua hal, yaitu; karakter islam dan potensi akademik. Oleh karena itu, anggota Prefect Student adalah anak-anak yang terbaik dalam dua hal tersebut. Untuk menjadi anggota Prefect Student harus melalui beberapa tahapan. Antara lain harus menempati peringkat 10 besar di kelas, mengikuti tes psikotes, tes ibadah, dan wawancara.

Tujuan mengikuti serangkaian tes tersebut adalah agar mendapatkan anggota yang terbaik dari yang paling baik. Prefect Student yang didirikan pada tahun 2012 di PITH Gema Nurani merupakan hasil adopsi dari ADNI Islamic School yang berlokasi di Malaysia. PITH Gema Nurani merupakan satu-satunya yang mengadopsi sistem tersebut di Indonesia.

Prefect Student merupakan wadah untuk memberikan keteladanan, ajang kreativitas dan belajar berorganisasi dengan baik. Menurut Ustadzah Tri, Prefect Student mempunyai perbedaan dengan Organisasi Siswa sejenis seperti OSIS. Perbedaan mendasar antara Prefect Student dan OSIS terletak pada pola pembinaan siswa di dalamnya. Di dalam organisasi Prefect Student, Pembina atau murabbi terdapat di setiap bidang. Ada murabbi yang selalu melakukan pembinaan anggota Prefect Student di setiap bidang.

Hal lain yang menjadi perbedaan adalah titik berat pada pembentukan karakter islam. Hal ini berkaitan dengan bahwa setiap anggota Prefect Student harus menjadi teladan yang baik di mata teman-temannya. Hasilnya bisa dilihat dari setiap anggota Prefect Student menjadi pemimpin dan pelopor dalam setiap aktivitas di sekolah.

Prefect Student juga berfungsi partner dewan guru. Ini sekaligus menjadi wadah pembinaan bagi setiap anggota Prefect Student. Dalam beberapa kegiatan Prefect Student selalu diikutsertakan oleh dewan guru. Ini adalah bentuk kepercayaan dewan guru karena Prefect Student adalah anak-anak terbaik dari setiap levelnya. Harapan ke depan agar Prefect Student terus menjadi suri tauladan, tidak hanya sekarang tapi juga terus menerus di masa depan.